Pengertian Kurikulum

Berbicara soal pendidikan Islam, tidak terlepas dari pembahasan kurikulum. Istilah ini sering disebutkan. Maka mengetahui tentang pengertian kurikulum, adalah modal dasar dalam pembahasan yang lebih lanjut mengenai kurikulum.

Kurikulum merupakan sesuatu yang wajib dilengkapi bagi setiap lembaga pendidikan. Biasanya, istilah yang digunakan adalah kurikulum pendidikan. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk mengetahui pengertian kurikulum itu sendiri, terlebih lagi dilengkapi dengan pendapat para ahli.

Jadi, halaman ini akan mengantarkan beragam uraian tentang pengertian kurikulum itu sendiri, yang juga dilengkapi dengan pendapat para ahli agar membantu dalam pengambilan kesimpulan. Mari ikuti lebih dalam.

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Secara umum, kurikulum didefenisikan sebagai susunan yang dengan sengaja dirancang berisi berbagai tahapan dalam mencapai tujuan akhir suatu kegiatan pendidikan.

Istilah kurikulum berasal dari kata Currir (Pelari) dan Curere (tempat berpacu), dan pada awalnya digunakan dalam dunia olahraga. Pada saat itu kurikulum diartikan sebagai jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari mulai dari start sampai finish untuk memperoleh medal/ penghargaan. Kemudian, pengertian tersebut diterapkan dalam dunia pendidikan menjadi sejumlah mata pelajaran (subjek) yang harus ditempuh oleh seorang siswa dari awal sampai akhir program pelajaran untuk memperoleh penghargaan dalam bentuk ijazah.

Berdasarkan pengertian diatas, dalam kurikulum terkandung dua hal pokok yaitu: (1) Adanya mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa, dan (2) tujuan utamanya yaitu untuk memperoleh ijazah.

Menurup Harold B. Alberty (dalam Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, TT: 2) memandang kurikulum sebagai semua kegiatan yang diberikan kepada siswa di bawah tanggung jawab sekolah (all of the activities that are provided for the student by the school)

Sedangkan Said Hamid Hasan Mengemukakan bahwa pada saat sekarang istilah kurikulum memiliki empat dimensi pengertian, dimana satu dimensi dengan dimensi lainnya saling berhubungan. Keempat dimensi kurikulm tersebut yaitu: (1) kurikulum sebagai suatu ide/gagasan; (2) kurikulum sebagai suatu rencana tertulis yang sebenarnya merupakan perwujudan dari kurikulm sebagai suatu ide; (3) kurikulu sebagai suatu kegiatan yang sering pula disebut dengan istilah kurikulum sebagai suatu realita atau implementasi kurikulum. Secara teoritis, dimensi kurikulum ini adalah pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis; (4) kurikulum sebgai suatu hasil yang merupaka konsekuensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan (Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, TT: 2).

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memasukkan Gambar di Soal Google Form

Contoh Masalah Penelitian Kualitatif

Peta Konsep Ilmu Pendidikan Islam